Teknologi U-Shape Girder LRT Jabodebek Cetak Tiga Rekor MURI

Akurat.co – PT ADHI Karya (Persero)Tbk. kembali menorehkan prestasi. Setelah pada 2019, berhasil membentangkan jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil, sekaligus dengan beban terbesar di Indonesia, kini ADHI mempersembahkan jalur kereta dengan struktur Teknologi U Shaped Girder Pertama dan Terpanjang di Indonesia.

Karya ini merupakan hasil kerja keras dan inovasi yang terus dikembangkan ADHI dengan dedikasi yang tinggi untuk negeri. ADHI telah berhasil meletakkan U Shaped Girder terakhir pada lintas pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, di Jalan Jendral Sudirman, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pada pemasangan terakhir ini, berat U-Shaped Girder yang dipasang sebesar 148 ton dan memiliki panjang 30 meter. Total U Shaped Girder yang terpasang mencapai 2902 unit girder dengan total panjang keseluruhan lebih dari 43 kilometer.

Jalur kereta ini pun akan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia dengan tiga rekor, antara lain pemakaian U-Shaped Girder Pertama di |ndonesia, pembangunan jalur kereta dengan Struktur U Shaped Girder Terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapai 43,057 km. Dan terakhir Zero Accident dalam Pengiriman U-Shaped Girder dengan total 2.902 kali perjalanan.

Dalam Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2015 beserta perubahannya, ADHI dinyatakan sebagai kontraktor pelaksana dari pembangunan kereta api ringan/ Light Rail Transit di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi LRT Jabodebek.

Pembangunan ini meliputi, pekerjaan jalur termasuk konstruksi jalur layang, pembangunan stasiun, fasilitas operasi, serta pembangunan depo.

LRT Jabodebek Fase l dibangun dengan menggunakan struktur utama lebih ramping dari struktur jalur layang pada umumnya. Struktur ini merupakan Teknologi U Shape girder atau gelagar berbentuk huruf u yang diadopsi dari Francis Teknologi ini dipilih karena desainnya ramping, sesuai dengan ketersediaan ruang pada kota kota yang padat dengan struktur ruangnya seperti di Jakarta.

Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan. Struktur ini juga menyediakan walkway atau ruang untuk berjalan.

Di samping penggunaan U-Shaped, LRT Jabodebek menggunakan Teknologi third rail untuk mendistribusikan pasokan listriknya, sehingga tidak ada kabel melintang di atas jalur yang akan menambah estetika dan ramah dengan arsitektur kota Jakarta.

Dalam kondisi saat ini ditengah wabah COVID-19 ADHI selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya.

Sebagaimana da|am peraturan pemerintah bahwa Konstruksi merupakan kegiatan yang diperkecualikan dan tetap diijinkan berjalan, da|am pelaksanaannya ADHI menjalankan kegiatan konstruksi dengan protokol pencegahan COVID-19 dengan ketat mulai dari manajemen ADHI sampai ditingkat pelaksana lapangan termasuk tenaga kerjanya.

Exit mobile version