7 Tokoh Inspiratif Wanita Indonesia yang Meginspirasi Banyak Orang

Viva.co.id – Seperti yang kita ketahui semua, saat ini Indonesia memiliki banyak sekali tokoh inspiratif wanita yang memiliki prestasi sangat tinggi. Setelah R.A. Kartini yang telah memperjuangkan kesetaraan hak antara kaum wanita dengan kaum laki – laki. Kini telah lahir Kartini saat ini yang menjadi inspirasi bagi kaum wanita.

Beberapa diantaranya memiliki kepribadian dan kegiatan yang berbeda-beda , baik pebisnis, pejabat dan lainnya lain sebagainya. Bahkan, tokoh-tokoh tersebut memberikan berbagai keteladanan seperti kecerdasan, kemadirian atau dalam hal profesionalisme kepada perempuan Indonesia.

7 Tokoh Inspiratif Indonesia

Penasaran, siapa sajakah tokoh-tokoh wanita inspiratif tersebut? Berikut adalah 10 tokoh wanita inspiratif dan berprestasi di Indonesia.

1. Sri Mulyani Indrawati

Tokoh inspiratif Indonesia yang pertama adalah Sri Mulyani Indrawati, yang merupakan Menteri Keuangan untuk periode 2019-2024. Sri Mulyani Indrawati termasuk salah satu tokoh wanita Indonesia paling fenomenal hingga ke seluruh dunia.

Karena beliau banyak menginspirasi perempuan-perempuan di Tanah Air, maka Sri Mulyani Indrawati juga bisa disebut sebagai Kartini masa kini.

2. Najwa Shihab

Siapa sih yang tidak kenal dengan perempuan terkenal yang satu ini? Ya, ia adalah Najwa Shihab yang merupakan seorang reporter dan presenter diacara Tv Mata Najwa.

Najwa Shihab termasuk salah satu wanita inspiratif Indonesia yang terus menyalurkan ide dan semangatnya kepada semua orang. Bahkan melalui saluran Youtubenya, ia mengembangkan sebauah channel yang bernama “Narasi TV” dan berkarya melalui saluran tersebut.

3. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia diperiode 2014-2019 yang dikenal sebagai salah satu Menteri yang tegas. Namun, ketegasan dan segala kecerdasannya terhadap masalah kelautan yang terjadi di Indonesia menjadikannya sebagai wanita inspiratif oleh BBC pada tahun 2017 lalu.


Dalam masa penugasannya, Susi Pudjiastuti telah menangani para pencari ikan secara ilegal dan menenggelamkan kapal-kapal asing yang datang ke wilayah perairan Indonesia.

4. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo adalah perempuan Indonesia yang dipilih oleh majalah Forbes Indonesia sebagai wanita paling menginspirasi di tahun 2016. Meski ia seorang aktris yang sangat terkenal, namun Dian Sastrowardoyo sangat mengutamakan dan mengedepankan pendidikan. Maka dari itu, ia termasuk satu dari beberapa tokoh inspiratif Indonesia.

Dian Sastowardoyo melanjutkan pendidikan S2 nya di bidang ekonomi di universitas yang sama, setelah ia menyelesaikan dan lulus S1.

5. Merry Riana

Merry Riana merupakan salah satu wanita Indonesia yang memiliki paras cantik. Ia memiliki kisah yang sangat fenomenal dan dituangkan pada buku Best Seller Mimpi Sejuta Dolar yang sudah diangkat ke layar lebar menceritakan bagaimana seorang mahasiswi dengan keadaan yang pas-pasan bahkan sampai pernah makan roti di toilet. Namun akhirnya ia bisa meraih pendapatan 1 juta dolar dan melunasi semua hutang–hutangnya.

Selain itu, saat ini Merry Riana memiliki visi yang telah ia jalani diberbagai kanal tertentu seperti program TV, saluran YouTube Merry Riana dan lain sebagainya, yaitu untuk menciptakan dampak positif di dalam kehidupan jutaan orang di Indonesia.

6. Retno Marsudi

Retno Marsudi merupakan salah satu menteri perempuan Indonesia yang telah menorehkan prestasi di dunia. Ia pernah mendapatkan Order of Merit, bintang jasa tertinggi kedua di Norwegia yang diberikan Raja Norwegia pada 2011 lalu, dan ia merupkan orang pertama yang menerima penghargaan tinggi tersebut. 


Selain itu, Retno Marsudi juga pernah mendapatkan penghargaan tinggi dari pemerintah Afghanistan.

7. Tri Rismaharini

Tokoh Inspiratif wanita Indonesia selanjutnya adalah Tri Rismaharini. Ia adalah sosok wanita pemimpin daerah yang tegas. Berkat, kejujuran dan ketegasannya, Ibu Risma menjadi pemimpin daerah yang dipercaya untuk menjadi Walikota Surabaya.

Selain itu, ibu Tri Rismaharini sangat merakyat dan rendah hati. Ia bahkan selalu turun langsung ke lapangan jika ada suatu hal tertentu. Pada tahun 2014 lalu, Ibu Tri Rismaharini ditunjuk menjadi walikota terbaik nomor 3 menurut The City Mayor Foundation. Dengan begitu, Ibu Risma termasuk satu dari beberapa tokoh inspiratif wanita yang ada di Indonesia.
Nah jadi itulah tadi 7 tokoh inspiratif Indonesia yang menjadi teladan bagi bayak orang, terutama wanita Indonesia. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version