Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemnaker Perluas Penerima Manfaat BLK Komunitas

Sindonews.com – Dalam upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI akan memperluas penerima manfaat program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, awalnya program BLK tersebut untuk membantu komunitas keagamaan, seperti pondok pesantren. Namun, pihaknya juga membangun BLK Komunitas untuk para serikat pekerja, serikat buruh, hingga BLK Komunitas seni, dan komunitas perfilman.

“Meski belum direspons, kami akan terus bantu tingkatkan kompetensi seluruh profesi yang ada,” kata Ida Fauziyah seusai menghadiri penandatangan perjanjian kerja bersama penerimaan bantuan pembangunan gedung workshop peralatan pelatihan vokasi BLK Komunitas dan penyerahan bantuan Program Perluasan Kesempatan Kerja di Hotel Horison Nindya Semarang, Minggu (30/8/2020) malam.

Menaker mengemukakan, sampai 2019, pemerintah telah mendirikan 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan pada 2020, pemerintah menargetkan pendirian BLK Komunitas sebanyak 1.000 unit lembaga yang tersebar di Indonesia. 

Exit mobile version