Hingga Kini Belum Ada Bioskop Di DKI Jakarta Yang Ajukan Pembukaan Kembali Karena Ini

WowKeren.com – Rencana DKI Jakarta untuk melakukan pembukaan bioskop di tengah pandemi virus corona (COVID-19) kini tengah banyak diperbincangkan. Namun demikian, hingga kini belum ada manajemen bioskop yang mengajukan pembukaan kembali di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, Bambang Ismadi. Menurut Bambang, pengajuan pembukaan bioskop kemungkinan baru akan diajukan ke Disparekraf DKI pada pekan ini.

“Belum ada manajemen bioskop yang mengajukan permohonan pembukaan biskop hingga hari ini,” jelas Bambang dilansir Kompas.com pada Senin (31/8). “Saya prediksi pengajuan permohonan paling cepat hari Rabu.”

Menurut Bambang, manajemen bioskop kini masih menyusun draf permohonan untuk beroperasi kembali. Selain itu, pihak manajemen juga kemungkinan masih berkonsultasi dengan kolega.

“Mereka diperkirakan hari Senin baru berkoordinasi jajarannya dengan menyusun draf permohonan dan biasanya berkonsultasi lebih dahulu kepada koleganya maupun instansi yang berkepentingan,” jelas Bambang. Pemprov DKI sendiri tak menetapkan tanggal tertentu untuk pembukaan kembali bioskop.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya telah menyatakan bahwa pihak manajemen bioskop harus mengajukan sendiri tanggal pembukaan jika mereka sudah siap. Pihak manajemen bioskop pun juga harus memastikan seluruh SOP dan protokol kesehatan siap diterapkan.

“Enggak tergantung pemohon itu sendiri. Nanti kita akan bahas dulu di tim internal DKI,” terang Gumilar beberapa waktu lalu. “Bahwa bioskop dan usaha-usaha pariwisata lainnya kita menunggu permohonan dari si pelaku usaha, dalam hal ini si manajemennya (bioskop).”

Nantinya, proposal dan SOP yang diajukan manajemen bioskop akan dicek oleh Pemprov DKI. Dalam hal ini melalui Dinas Parekraf beserta Dinas Kesehatan, BPBD, dan beberapa dinas lainnya. “Baru nanti dari situ diputuskan apakah diizinkan beroperasi atau tidak,” pungkas Gumilar.

Sebagai informasi, bioskop di Ibu Kota telah ditutup sejak bulan April 2020, kala Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan. Namun Gubernur DKI Anies Baswedan telah mengumumkan bahwa bioskop akan kembali dibuka dalam waktu dekat.

Exit mobile version