10 Fungsi Air Mawar untuk Kecantikan, Sebagai Obat Jerawat Salah Satunya

Merdeka.com – Air mawar atau rose water memiliki banyak fungsi untuk kecantikan. Fungsi air mawar untuk kecantikan di antaranya untuk mengobati jerawat, menyamarkan noda pada wajah, mencegah penuaan dini, melembapkan kulit wajah, hingga mencegah kulit kemerahan.

Air mawar mengandung vitamin A, B, C, E dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Selain itu, air mawar juga mengandung zat yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Untuk mengetahui lebih jelas, Merdeka.com telah merangkum fungsi air mawar untuk kecantikan dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengobati Jerawat dan Menyamarkan Noda pada Wajah

Fungsi air mawar untuk kecantikan yang pertama yaitu mengobati jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menjumpai siapa saja. Jerawat sering kali menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Air mawar merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati jerawat. Hal ini karena kandungan antibakteri dalam air mawar yang diketahui mampu mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri seperti jerawat.

Tak hanya itu, air mawar juga berkhasiat membantu menyamarkan noda-noda pada wajah. Oleh sebab itu, manfaatkan air mawar dengan baik agar masalah kulit wajah dapat teratasi.

Mencegah Penuaan Dini

Fungsi air mawar untuk kecantikan yang kedua yaitu mencegah penuaan dini. Perlu diketahui, penuaan dini disebabkan oleh beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, asap rokok hingga radikal bebas.

Untuk mencegah penuaan dini, Anda dapat memanfaatkan air mawar. Kandungan antioksidan yang tinggi pada air mawar dipercaya dapat melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Melembapkan Kulit Wajah

Fungsi air mawar yang ketiga yaitu melembapkan kulit wajah. Sejak dulu, air mawar telah dikenal khasiatnya sebagai pelembap alami. Kandungan antioksidan dalam air mawar juga dapat mencegah kulit kering.

Untuk merasakan khasiat ini, Anda dapat menggunakan air mawar sebagai toner atau pembersih alami. Gunakan secara rutin agar kulit wajah dapat senantiasa lembap dan tidak kusam.

Mengatasi Mata Lelah

Fungsi air mawar yang ketiga yaitu mengatasi mata lelah. Mata lelah disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu lama menatap gadget atau komputer, menyetir dalam waktu yang lama, sering begadang, hingga membaca di tempat yang kurang cahaya.

Untuk mengatasi mata lelah, Anda dapat memanfaatkan air mawar. Caranya, kompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Mencerahkan Kulit Wajah

Fungsi air mawar yang kelima yaitu mencerahkan kulit wajah. Air mawar mengandung vitamin A dan E yang dapat membantu eksfoliasi pada kulit wajah.

Tak hanya itu, air mawar juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu regenerasi jaringan kulit dan memperkuat sel-sel kulit. Oleh sebab itu, gunakan air mawar secara teratur agar kulit wajah menjadi lebih cerah berseri.

Penyempurna dan Pembersih Riasan

Air mawar memiliki banyak fungsi untuk kecantikan, salah satunya sebagai penyempurna riasan. Jika riasan Anda sudah terlihat kusam, cobalah untuk menyemprotkan air mawar. Air mawar dapat membuat wajah yang di make up lebih segar dan berseri.

Selain sebagai penyempurna riasan, air mawar juga dapat menjadi pembersih riasan. Air mawar dinilai efektif membersihkan riasan tanpa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Mencegah Kulit Kemerahan

Fungsi air mawar untuk kecantikan berikutnya yaitu mencegah kulit kemerahan. Kulit kemerahan disebabkan oleh iritasi yang memicu ruam kemerahan.

Iritasi biasanya disebabkan oleh peradangan. Peradangan yang sering kali terjadi di wajah yaitu jerawat.

Untuk mencegahnya, Anda dapat memanfaatkan air mawar. Kandungan anti inflamasi dalam air mawar dikenal ampuh meredakan peradangan pada wajah.

Menyegarkan Kulit Wajah

Sejak dulu, air mawar telah dikenal ampuh menyegarkan kulit wajah. Untuk merasakan khasiat ini, Anda dapat langsung menyemprotkan air mawar ke wajah yang sudah dibersihkan.

Anda juga dapat menyemprotkan spray air mawar ke wajah usai menggunakan make up. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air mawar juga dapat berfungsi sebagai penyempurna dan pembersih riasan.

Exit mobile version