Manfaat Masker Buah Naga untuk Wajah Serta Cara Membuatnya

Sehatq.com – Buah naga merupakan salah satu jenis buah berbentuk unik dengan warna merah menyala pada kulitnya. Tak hanya baik untuk kesehatan, ternyata ada manfaat masker buah naga untuk kulit wajah yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Apa saja manfaat masker buah naga?

Manfaat masker buah naga untuk wajah

Buah naga adalah salah satu buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kulit yang tampak bersisik dan berwarna merah keunguan atau merah muda.

Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri atas 2 jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Meski memiliki warna daging yang berbeda, kandungan nutrisi pada buah naga tidak jauh berbeda.

Buah naga mengandung antioksidan serta berbagai vitamin dan mineral lainnya yang ternyata bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Meski banyak orang meyakini keefektifan manfaat buah naga sebagai masker wajah, perlu diketahui bahwa bahan alami ini mungkin belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah mengenai keamanannya untuk kulit wajah.

Jadi, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum mencoba masker buah naga. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu.

Adapun beberapa manfaat masker buah naga yang diyakini baik untuk kulit, yakni sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat masker buah naga untuk kulit adalah melembapkan kulit wajah. Hal ini karena buah naga kaya akan kandungan air sehingga dipercaya dapat menghidrasi kulit.Selain itu, buah naga mengandung vitamin B yang dapat membantu melembapkan kulit dan menjaga kulit tetap sehat dan tampak kenyal.

2. Mengobati jerawat

Masker buah naga disebut-sebut dapat mengobati jerawat. Manfaat satu ini berasal dari kandungan antibakteri yang terdapat di dalam buah naga.

Kandungan tersebut yang diyakini dapat mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah sehingga membantu mengontrol jerawat.

Meski demikian, manfaat masker buah naga ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.

Bagi Anda yang sedang berjerawat dan ingin menggunakan masker buah naga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

3. Mencerahkan kulit

Untuk wajah, manfaat masker buah naga dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga berperan penting dalam membuat kulit lebih cerah.

Anda dapat menggunakan masker buah naga secara rutin atau mengonsumsinya dalam bentuk jus secara agar merasakan manfaat satu ini secara optimal.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat masker buah naga juga berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian, manfaat vitamin C untuk kulit adalah mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin C pada buah naga juga dapat bertindak sebagai pembentuk kolagen pada struktur kulit. Kolagen dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

5. Memperlambat penuaan dini

Kurang tidur, konsumsi makanan tidak sehat, hingga paparan sinar matahari memang dapat mempercepat proses penuaan dini sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

Menggunakan masker buah naga secara rutin dapat membantu memperlambat penuaan dini.

Kandungan antioksidan pada masker buah naga dipercaya dapat menghambat enzim yang mampu merusak komponen struktur kulit, seperti kolagen dan hyaluronic acid atau asam hialuronat.

Tak hanya itu, antioksidan dalam buah naga juga bisa menangkal paparan radikal bebas berlebihan yang seringkali menjadi penyebab penuaan dini.

6. Menenangkan kulit yang terbakar matahari (sunburn)

Manfaat masker buah naga berikutnya adalah menenangkan kulit yang terbakar matahari (sunburn).

Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin C serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya dalam buah naga dapat meredakan gejala sunburn.

Kandungan pada masker buah naga tersebut yang bekerja dengan melembapkan dan menyembuhkan area kulit yang terbakar matahari, kemudian menenangkannya.

Sedangkan, kandungan vitamin B yang tinggi pada buah naga dapat meredakan gejala peradangan, kemerahan, dan rasa gatal akibat paparan sinar matahari yang cukup keras.

Selain itu, kandungan antibakteri pada masker buah naga juga diklaim dapat mencegah infeksi pada area kulit yang terbakar.

Cara membuat masker buah naga untuk kulit yang mudah

Setelah mengetahui manfaat masker buah naga di atas dan Anda tertarik untuk menggunakan masker buah naga untuk kulit, ikuti cara membuatnya berikut ini.

Alat dan bahan yang disiapkan:

Cara membuat dan menggunakan:

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan masker buah naga 2 kali dalam seminggu.

Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan yogurt tanpa rasa ke dalam masker buah naga untuk mendapatkan manfaat kulit yang kencang.

Cara menggunakan masker buah naga untuk wajah dengan aman

Sebenarnya, penggunaan masker buah naga untuk kulit wajah  tergolong aman dilakukan.

Namun, bagi orang yang memiliki masalah kulit tertentu, seperti rentan alergi atau eksim, menggunakan masker buah naga mungkin dapat memperparah kondisinya.

Jadi, sangat penting untuk mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda cocok menggunakan dan merasakan manfaat masker buah naga atau tidak

Caranya, lakukan langkah-langkah di bawah ini sebelum mengoleskan masker buah naga pada wajah Anda.

Pastikan untuk berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apapun pada wajah Anda, termasuk masker buah naga. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker tersebut.

Dokter kulit dapat membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker buah naga atau tidak.

Dengan ini, manfaat masker buah naga untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan maksimal.

Exit mobile version