UMKM Seni Kreatif Bisa Pulihkan Ekonomi dari Covid-19

okezone.com – Bank Indonesia (BI) bersinergi bersama Pemerintah mendorong terciptanya UMKM baru sebagai kekuatan perekonomian nasional. UMKM baru adalah UMKM yang memiliki ciri utama memanfaatkan teknologi digital mulai dari proses pembiayaan, pemasaran.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyampaikan situasi pandemi dapat menjadi peluang bagi para pelaku seni kreatif termasuk UMKM untuk berkarya dan sekaligus menjadi kesempatan bagi para penikmat seni untuk menyaksikan dan menikmati seni kreatif yang pada akhirnya mendorong pemulihan ekonomi, khususnya di Jakarta.

“Pelaku seni kreatif termasuk UMKM untuk berkarya dan sekaligus menjadi kesempatan bagi para penikmat seni untuk menyaksikan dan menikmati seni kreatif yang pada akhirnya mendorong pemulihan ekonomi, khususnya di Jakarta,” kata Rosmaya di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Lebih lanjut, Rosmaya Hadi menyampaikan komitmen BI dalam mendukung transformasi UMKM melalui program onboarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir dan menyediakan QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai kanal pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan andal bagi UMKM.

“Program onboarding UMKM secara terintegrasi adalah pola pembinaan kepada UMKM dari hulu ke hilir disesuaikan dengan karakteristik dan tahapan usaha pada aspek kelembagaan dan SDM, keuangan, produksi, serta pemasaran,” katanya.

Exit mobile version