Berlatih Mengontrol Stres dengan Yoga Kundalini

Sehatq.com – Pandemi Covid-19 mungkin membuat Anda urung pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Namun tak perlu cemas, karena banyak latihan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah yoga kundalini yang bukan hanya baik untuk fisik melainkan juga untuk mental Anda.

Yoga kundalini mewajibkan Anda melakukan gerakan tertentu sambil mengatur napas dan bermeditasi. Gerakan yoga ini juga bertujuan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Anda juga boleh melakukan hal lain saat berlatih yoga kundalini, misalnya bernyanyi pelan atau menggumamkan kata-kata (mantra) tertentu.Melakukan yoga kundalini dipercaya dapat membangkitkan energi di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan kewaspadaan diri. Hal tersebut bisa didapatkan dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu yang relatif mudah, sekalipun untuk pemula.

Apa saja gerakan dalam yoga kundalini?

Jika belum pernah melakukan yoga kundalini atau yoga secara keseluruhan, gerakan dasar berikut dapat Anda coba.

1. Pose lotus

Pose lotus dalam yoga kundalini adalah pose duduk dasar dengan membuka pinggul Anda selebar mungkin. Cobalah membuka paha dengan perlahan untuk menghindari rasa sesak atau tidak nyaman.Cara melakukan pose lotus adalah sebagai berikut ini.

2. Pose kobra

Pose kobra adalah gerakan untuk mengaktifkan energi kundalini Anda. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

3. Pose pemanah

Pose pemanah dalam yoga kundalini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri, karena menggambarkan diri Anda sebagai seorang pejuang. Untuk melakukan pose ini, langkah yang harus Anda lakukan sebagai berikut.

Yoga kundalini aman dilakukan oleh semua orang. Namun Anda sebaiknya tidak melakukan gerakan ini ketika sedang memiliki masalah pernapasan, nyeri sendi, cedera fisik, maupun hamil.Agar lebih aman, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan berolahraga di bawah pengawasan instruktur profesional.

Manfaat melakukan yoga kundalini

Seperti olahraga yoga pada umumnya, yoga kundalini merupakan latihan yang baik untuk kebugaran tubuh maupun ketenangan pikiran. Berikut ini manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan yoga kundalini.

1. Menghilangkan stres

Melakukan yoga di rumah secara rutin setidaknya 20 menit per hari terbukti dapat menghilangkan stres. Anda pun tidak perlu mempraktikkan gerakan dengan sempurna. Yang penting adalah melakukannya dengan rutin dan bersungguh-sungguh.

2. Meningkatkan pikiran positif

Penelitian menunjukkan bahwa gerakan yoga kundalini juga dapat meningkatkan pikiran positif, termasuk pada diri sendiri. Jika kerap memandang bentuk tubuh Anda tidak ideal misalnya, cobalah berlatih yoga kundalini.

3. Memperoleh pencerahan spiritual

Ketika energi di dalam tubuh sudah diaktivasi lewat yoga kundalini, Anda akan merasakan perubahan aura dalam diri yang signifikan. Anda akan menjadi orang yang lebih berempati, berkharisma, kreatif, dan berdamai dengan diri sendiri.

Exit mobile version