Bos Bio Farma: Holding BUMN Farmasi Membuat Efisiensi dalam Berbagai Hal

Tempo.co – Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan holding BUMN farmasi diharapkan bisa menciptakan efisiensi dalam beberapa hal.

“Karena ini bertujuan untuk memberikan value yang lebih karena selama ini di antara BUMN farmasi ini masih banyak produk-produk yang overlap,” kata Honesti dalam rapat kerja dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, Senin, 5 Oktober 2020.

Dia menuturkan peran BUMN yang tergabung dalam holding sudah terbagi. Menurutnya, Biofarma tetap fokus pada produk-produk vaksin dan life science. Indofarma nantinya fokus ke produk-produk herbal dan alat kesehatan.

Kimia Farma, kata dia, akan fokus produk-produk chemical dan layanan kesehatan. “Karena secara ekosisten Kimia Farma ini paling lengkap dibanding BUMN farmasi lainnya,” ujarnya.

Honesti mengatakan semua BUMN farmasi yang bergabung dalam holding itu menunjukkan perkembangan yang cukup bagus dan ekspansi bisnis cukup agresif.

Hal tersebut, kata dia, dibuktikan dari ekspor produk-produk di holding farmasi sudah dilakukan ke 150 negara. Dari sisi aset, perseroan-perseroan memiliki 13 pabrik yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

“Dan kami juga sudah punya pabrik bahan baku, juga untuk mengurangi impor bahan baku yang selama ini masih cukup tinggi,” kata dia

Dari sisi distribusi, BUMN Farmasi sudah memiliki 45 jalur distribusi. Selain itu, jaringan apotek terbesar di Indonesia, yaitu 1.262 apotek. Bahkan, kata dia, Kimia Farma sudah ekspansi ke Timur Tengah. Di Arab Saudi tercatat ada sekitar 24 apotek.

Exit mobile version