5 Tips Jitu Siapkan Pensiun di Tengah Pandemi Corona

Merdeka.com – Pandemi Covid-19 bisa menjadi pengingat dalam mempersiapkan masa depan termasuk kesejahteraan saat hari tua dengan menyisihkan dana pensiun. Mengingat, tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Jika Anda sudah memiliki rencana untuk pensiun, maka Anda juga perlu mengatur ulang rencana tersebut agar bisa sesuai dengan kondisi saat ini. Sementara, untuk Anda yang sudah pensiun, perlu memperhatikan kembali rencana keuangan yang sudah dibuat apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga di masa depan.

Berikut beberapa saran yang bisa dipertimbangkan tentang apakah dan bagaimana mengubah arah strategi rencana pensiun di masa pandemi, dilansir dari laman investopedia.com.

Jika Memiliki Pekerjaan

Jadi, apa yang harus dilakukan terkait rencana pensiun Anda? Pertama, itu sangat tergantung pada status pekerjaan saat ini. Jika masih bekerja, Anda orang yang cukup beruntung masih memiliki penghasilan yang diperoleh baik melalui pekerjaan.

Tidak ada yang tahu berapa lama Anda akan bertahan di masa pandemi ini. Tentu saja, Anda tetap memiliki arus kas yang cukup untuk membayar tagihan yang dapat melindungi dari keharusan mengambil uang ke dalam tabungan pensiun.

Jika Anda masih menabung untuk masa pensiun, covid-19 bukanlah alasan untuk menghentikan kontribusi itu. Faktanya, jika Anda telah bekerja dari rumah, mungkin sebenarnya memiliki lebih banyak uang tunai yang tersedia sekarang.

Ini karena berkurangnya biaya akomodasi, menjadi lebih jarang makan di luar, dan sebagainya. Itu bisa menjadi kesempatan untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk masa pensiun.

Jika Tidak Bekerja

Jika Anda tidak bekerja karena pandemi jelas berada dalam situasi yang berbeda. Tujuan Anda haruslah menjaga tabungan pensiun semaksimal mungkin. Itu berarti memanfaatkan stimulus pengangguran dan bantuan lain yang berhak diterima melalui program yang ada.

Anda juga dapat bernegosiasi dengan kreditor, seperti pemberi pinjaman hipotek dan perusahaan kartu kredit, untuk mengurangi, menunda, atau menyebarkan pembayaran apa pun yang Anda hutangi kepada mereka.

Anda juga mungkin harus memprioritaskan tagihan dan memotong beberapa pengeluaran untuk saat ini. Idealnya, krisis ini tidak akan berlangsung selamanya dan pengurangan apa pun yang harus Anda lakukan bersifat sementara.

Apapun yang Anda lakukan, jangan mengabaikan asuransi kesehatan. Tagihan medis yang besar dan tidak terduga dapat menghancurkan secara finansial dan mungkin menyebabkan kebangkrutan.

Terakhir, jika krisis saat ini telah memotong tabungan pensiun, atau membuat sulit untuk terus berkontribusi, pikirkan untuk pensiun sedikit lebih lambat dari yang direncanakan semula. Bekerja lebih lama memungkinkan Anda menabung lebih banyak, dan menunda Jaminan Sosial akan berarti manfaat bulanan yang lebih besar saat mulai mengumpulkannya.

Jika sudah pensiun

Mereka yang telah meninggalkan dunia kerja secara sukarela berada dalam situasi lain. Jika pendapatan pensiun Anda dari Jaminan Sosial, dana pensiun, dan penarikan sistematis dari tabungan dan rekening pensiun lainnya cukup untuk membayar tagihan, Anda mungkin tidak perlu melakukan banyak hal.

Akan tetapi, mungkin sulit jika Anda memiliki anak-anak dewasa yang pendapatannya berkurang akibat pandemi. Dorongan untuk membantu anak-anak memang sangat baik, tetapi bisa menjadi masalah jika itu menyebabkan Anda menghabiskan tabungan yang diandalkan untuk masa pensiun.

Meskipun kelihatannya keras, perlu diingat bahwa orang yang masih dalam usia kerja memiliki tahun-tahun ke depan untuk mengejar ketertinggalan. Sementara pensiunan memiliki lebih sedikit waktu atau peluang.

Begitu Krisis Sudah selesai

Ketika krisis COVID-19 berakhir dan pasti akan terjadi, Anda mungkin ingin mengatur keuangan lagi. Terlepas dari situasi, ini bisa menjadi saat yang tepat untuk meninjau alokasi aset di masa ini.

Pandemi dan krisis keuangan yang diakibatkannya telah menyebabkan beberapa perubahan besar di pasar saham. Jika Anda seorang pengambil risiko dengan sisa uang tunai, sekarang mungkin kesempatan Anda untuk meraup beberapa penawaran di saham yang tertekan.

Jika Anda hanya mencoba untuk melindungi apa yang dimiliki, setidaknya harus memastikan uang dialokasikan dengan cara yang diinginkan, di antara saham, obligasi, dan uang tunai.

Bangun (atau bangun kembali) dana darurat

Jika tidak memiliki dana darurat sebelum pandemi, Anda mungkin berharap melakukannya. Dan jika memilikinya, Anda mungkin telah menariknya ke bawah dan perlu mengisinya kembali. Ada banyak aturan umum tentang dana darurat.

Beberapa menyarankan untuk menyimpan setidaknya tiga bulan biaya hidup dalam rekening. Sementara yang lain merekomendasikan memiliki nilai 6 bulan atau lebih dana darurat.

Mencapai angka yang lebih rendah itu bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan jika Anda hidup dari gaji ke gaji, tentu saja. Tetapi itu adalah tujuan yang layak untuk dikembangkan pada usia berapa pun.

Jika Anda akan memasuki masa pensiun, atau sudah berada di sana, mungkin menginginkan jumlah yang jauh lebih besar. Dana darurat untuk pengeluaran selama dua atau tiga tahun, misalnya, dana pasar uang atau obligasi jangka pendek dapat membantu Anda mengatasi krisis lain sambil membiarkan sisa portofolio pensiun Anda tetap utuh.

Exit mobile version