Kapolda Metro Sarankan Masyarakat Adakan Pertemuan Daring: Kami Siap Fasilitasi

TEMPO.COJakarta – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran menyarankan agar masyarakat memaksimalkan penggunaan teknologi jika ingin mengadakan pertemuan dengan orang banyak. Menurut Fadil, mengadakan pertemuan dalam jaringan (daring) atau online, merupakan bagian dalam adaptasi kebiasaan baru. 

Masyarakat harus menggunakan Zoom, YouTube untuk pertemuan. “Kami siap memfasilitasi kalau masyarakat ada kegiatan,” ujar Fadil di Yayasan Arrahmah Center, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis, 26 November 2020.

Ia mencontohkan saat masih menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, salah satu pesantren di sana mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang penceramah kondang. Penyelenggara acara, kata Fadil, memanfaatkan aplikasi Zoom agar ceramah dapat didengarkan oleh santri dari pondok pesantren lain di Jawa Timur. 

“Ini menguntungkan, biayanya ringan, hikmahnya tetap dapat,” ujar Fadil. 

Fadil juga menegaskan polisi tak akan membiarkan kerumunan kembali di Jakarta. Pihaknya akan tegas, mengingat pemerintah sudah mengucurkan dana Rp 685 triliun untuk penanganan Covid-19. 

“Jangan nunggu masyarakat menjadi korban. Udah capek sekolah, mondok, tiba-tiba koit (mati) karena enggak disiplin kena Covid-19. Ini bahaya.”

Peringatan Fadil disampaikan sehubungan dengan ribuan orang terpantau menghadiri Maulid Nabi di markas Front Pembela Islam atau FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, dan Tebet, Jakarta Selatan. Seusai acara, polisi segera menggelar penyelidikan untuk mencari kemungkinan pelanggaran UU Karantina dan pelanggaran protokol kesehatan. 

Kepolisian RI telah mengirimkan surat panggilan terhadap seluruh pihak yang dinilai bertanggung jawab. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kadis Pariwisata, dan 8 orang Pemerintah DKI lainnya. 

Penghulu dan panitia acara juga diperiksa untuk diklarifikasi tentang dugaan pelanggaran protokol kesehatan sesuai UU Kekarantinaan Wilayah dalam acara yang digelar pemimpin FPI Rizieq Shihab.

Kemarin, penyidik telah menggelar perkara kasus kerumunan ini dan menaikkannya ke tingkat penyidikan. Tim penyidik menemukan adanya dugaan tindak pidana dalam kerumunan itu. 

Exit mobile version