Suara Warga Sekitar Flyover Tapal Kuda Jaksel soal Cat Warna-warni

Detik.com, – Jakarta – Pengecatan atap warna warni rumah warga di sekitar Flyover Tapal Kuda, Lenteng AgungJakarta Selatan sudah mulai dilakukan. Apa kata warga yang rumahnya dicat?

Beberapa rumah di sekitar lokasi sebagian sudah selesai dicat oleh petugas. Namun beberapa kali pengecatan sempat terhalang akibat kondisi cuaca Jakarta yang kerap dilanda hujan.

“Kalau warung saya baru dicat tadi jam 10.00-an, ini sudah kelar jam 17.00. Mungkin karena efek hujan jadi agak lama juga. Beda-beda tiap rumah. Katanya sih targetnya dua minggu kelar tapi ya ini masih beberapa rumah aja,” ujar salah satu warga Kelurahan Lenteng Agung, Dian, saat ditemui di rumahnya, Minggu (6/12/2020).

Meski rumahnya sudah dicat, warga RW 1 ini punya pendapat sendiri soal program tersebut. Menurut Dian, program ini hanya buang-buang uang.

“Menurut saya sih, program ini sebenarnya buang-buang dana si menurut saya. Karena buat apa ya. Tapi kan ini mungkin dari pemerintah kan mungkin biar bagus gitu. Kan di atas ini ada flyover, biar keliatan bagus. Ya sah-sah saja, memang mungkin beda pendapat saja sih,” ungkapnya.

Berbeda dengan Dian, warga RW 1 lain bernama Sahril mengaku setuju dengan program pengecatan ini. Tapi, sayangnya ada atap rumah yang kondisinya tak prima saat dicat.

“Program pengecatan bagus sih saya setuju, tapi kendalanya atap kan asbes jadi banyak yang pecah. Memang diganti cuma bukan langsung diganti. Harus nunggu dulu beberapa hari,” ujar Sahril.

Berbeda dengan warga di sekitar RW 1, rumah warga lainnya di RW 2,3 dan 5 terlihat belum dicat. Warga mengaku belum tahu kapan persisnya atap rumahnya mulai dicat.

“Saya sudah sempat dengar infonya. Sekitar 2 bulan lalu ada petugas juga yang mengukur dan foto-foto. Namun untuk waktu pengecatan nya belum tau,” terang warga RW 2 bernama Risna.

Meski belum tahu kapan persisnya pengecatan akan dilakukan, sebagian warga menyambut baik program tersebut. Mereka mengaku tampilan rumah juga akan lebih bagus jika dilihat dari atas flyover.

“Saya belum dicat dan belum dengar juga si infonya dari pihak RW setempat. Pendapat saya sendiri untuk pengecatan ini kan sebenarnya bagus juga buat keindahan,” kata warga RW 5 bernama Didin.

Pengecatan warna-warni atap rumah warga di sekitar Flyover Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan dimulai sejak 1 Desember 2020 lalu. Targetnya, pengecatan akan berlangsung selama satu bulan, sebelum jalan layang Tapal Kuda diresmikan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Mukhlisin, mengatakan pengecatan dilakukan untuk memperindah pemukiman warga sekitar lingkungan flyover Tapal Kuda, yang pertama dibangun di Indonesia. Kegiatan tersebut juga program dari Provinsi DKI untuk kegiatan penutupan tanah sebidang di rel kereta api.

“Terlebih jika dilihat dari atas ‘fly over’ Tapal Kuda akan tampak indah,” katanya seperti dilansir Antara.

Mukhlisin mengatakan, pengecatan memerlukan waktu satu bulan karena material yang dicat bukan tembok rumah warga tetapi atap rumah warga. “Jadi perlu ketelitian dan ke hati-hatian,” ujar Mukhlisin.

Lurah Lenteng Agung, Bayu, menyebutkan ada ratusan rumah warga yang atapnya akan dicat oleh petugas PPSU. Petugas PPSU melakukan pengenalan medan agar kegiatan pengecatan lebih mudah pengerjaannya.

“Ada 168 rumah dari empat RW yang dicat, yakni RW 1, 2, 3 dan 5, timeline-nya kita sebulan, 30 hari kerja tidak ada libur, jadi Sabut-Minggu kita bekerja, dengan mekanisme pembagian tiap hari dua kecamatan dengan masing masing kecamatan 12 orang dan dari Lenteng Agung 10 orang,” ujar Agung

Exit mobile version