Arus Balik, 16 Ribu Orang Kembali ke Jakarta Gunakan Kereta Api pada 3 Januari 2021

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat arus balik angkutan Natal dan Tahun Baru mencapai 16 ribu penumpang pada Minggu 3 Januari 2021. Sementara untuk Senin 4 Januari 2020 tercatat sekitar 15 ribu lebih penumpang KA Jarak Jauh yang yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta baik di Pasar Senen, Gambir, Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi dan Jatinegara, yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto mengatakan, dari angka tersebut, pada puncak arus balik Minggu 3 Januari terdapat 39 KA yang tiba di Daop 1 Jakarta, diantaranya 22 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 17 KA di Stasiun Gambir. Sedangkan pada hari Senin 4 Januari terdapat 37 KA, diantaranya 21 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 16 KA di Stasiun Gambir.

“PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat jika melihat berdasarkan berkas rapid Antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku 3(tiga) hari,” kata Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto mengatakan dalam keterangannya, Minggu (3/12/2020).

Selain itu kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan KA secara berkala s.d tiba di Stasiun Akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal.

Hal tersebut merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA di seluruh stasiun keberangkatan kereta api.

 

Exit mobile version