WHO Rekomendasikan Pemberian Dua Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer Berjarak 21-28 Hari

Eksekutif SAGE, Joachim Hombach, mengatakan bahwa memberi jarak antara dua inokulasi Pfizer dapat diterima bagi negara-negara yang tidak dapat menerapkan rekomendasi utama. 

“IHSG, badan pemberi rekomendasi Inggris, telah memberikan lebih banyak fleksibilitas hingga 12 minggu dengan mempertimbangkan keadaan khusus yang sedang dihadapi negara tersebut,” katanya.

“Kami … sepenuhnya mengakui bahwa negara-negara mungkin melihat kebutuhan untuk lebih fleksibel dalam hal pemberian dosis kedua. Tetapi penting untuk dicatat bahwa ada sangat sedikit … data empiris dari uji coba yang mendukung jenis obat ini,” tambahnya.

Mengingat terbatasnya pasokan vaksin saat ini, Cravioto mengatakan SAGE tidak merekomendasikan suntikan Pfizer untuk wisatawan internasional sebagai prioritas kecuali mereka berada dalam kelompok berisiko sangat tinggi, seperti orang tua dan mereka yang sudah memiliki penyakit sebelumnya.

Kate O’Brien, seorang ahli imunisasi WHO, mengatakan ada diskusi yang kuat di SAGE tentang trade-off antara mengikuti secara ketat dosis standar dalam uji klinis dan memungkinkan penggunaan vaksin yang lebih luas sebagai dosis pertama, sehingga berisiko penundaan dalam mendapatkan dosis dosis kedua untuk beberapa orang.

Menyinggung penundaan peluncuran inokulasi, dia berkata: “Tidak ada yang mengharapkan ini mudah dan kami mulai melihat adanya rintangan dan di mana kami perlu melakukan penyesuaian.”

Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, mengatakan dia “sangat kecewa” karena China tidak mengizinkan masuknya misi internasional untuk memeriksa asal-usul pandemi virus corona global.

Infeksi telah dilaporkan di lebih dari 210 negara dan wilayah sejak kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019.

Exit mobile version