Lewat GAVI-COVAX, Menkes Harap Dapat Akses 108 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Gratis

Selain itu, Budi juga mengungkapkan bahwa vaksin dari GAVI sifatnya adalah gratis, sehingga pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengadaannya.

“Bila semua proses pengadaan vaksin sudah selesai, kami dari Kementerian Kesehatan bisa konsentrasi ke logistik dari vaksin dan juga masa vaksinasinya sendiri,” ujarnya.

Menkeu Sri Mulyani berharap agar dengan ditandatanganinya formulir tersebut ada kepastian bagi Indonesia untuk mengakses salah satu sumber vaksin dari COVAX dan GAVI.

“Saya berharap dengan ketersediaan ini juga memberikan masyarakat tambahan pilihan dan juga ketenangan serta kemampuan untuk terus meningkatkan kita semua di dalam menjalankan disiplin kesehatan sambil berikthiar untuk mencari pengobatan dalam bentuk vaksinasi,” lanjut Sri Mulyani.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan bahwa formulir B vaksin GAVI COVAX Facility yang ditandatangani melengkapi konfirmasi keikutsertaan Indonesia dalam skema COVAX Facility.

Sebelumnya, formulir bagian A mengenai teknis terkait dengan informasi umum, rencana target vaksinasi, cost sharing, karakter vaksin, peraturan tentang safety dan preparedness, serta kapasitas dan logistik rantai dingin, telah ditanda tangani oleh Menkes RI pada 7 Desember 2020.

Exit mobile version