Kemenkes: 363 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 Ditargetkan Dalam 300 Hari

Liputan6.com, Medan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan, program vaksinasi memberikan dampak yang cukup berarti dalam upaya mengendalikan penyebaran virus corona Covid-19.

Disebutkannya, Kemenkes menargetkan untuk seluruh Indonesia bisa melakukan 363 juta suntikan yang harus selesai dalam jangka waktu 300 hari, agar bisa mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) yang betul-betul maksimal.

“Untuk mencapai itu, kita tak kenal waktu libur,” kata Oscar dalam Pencanangan Pekan Vaksinasi Covid-19 Daerah Sumatera Utara (Sumut) di Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (10/2/2021).

Dijelaskannya, sudah 814.000 dokter dan juga tenaga kesehatan yang telah diberikan dosis pertama vaksin Covid-19 sejak pencanangan pertama dilakukan Presiden Indonesi Joko Widodo.

“Persentasenya sekitar 50 persen dari yang ditargetkan oleh presiden, yakni dari yang 1,65 juta orang tenaga kesehatan,” jelasnya.

Oscar juga mengatakan, persentase pemberian vaksin di tiap provinsi berbeda-beda, ada yang sudah mencapai 90 persen untuk dosis pertama, dan masih banyak juga yang hanya 30 persen.

“Saya berikan apresiasi bagi kabupaten dan kota yang sudah di atas 50 persen, seperti Simalungun, Dairi, dan Karo. Capaian pemberian vaksin ke tenaga kesehatan untuk dosis pertama,” sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Exit mobile version