Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Bulan Puasa Dilakukan Malam, Nonmuslim Siang

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi umat muslim saat bulan Ramadan akan tetap dilakukan pada malam hari. Sementara untuk warga nonmuslim, vaksinasi Covid-19 dilakukan pada siang hari.

Hal ini disampaikan Jokowi saat berbincang dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021. Namun, video pertemuan baru diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2/2021).

“Bulan puasa mungkin kita akan tetap vaksinasi yaitu di malam hari. Kemudian yang di siang hari di daerah-daerah yang nonmuslim,” kata dia.

Menurut dia, program vaksinasi harus tetap diteruskan untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunal). Terlebih, pemerintah menargetkan 182 juta penduduk Indonesia harus selesai divaksin pada 2021.

Untuk memvaksin 182 juta penduduk, setidaknya ada 426 juta dosisi yang dibutuhkan. Pasalnya, satu orang harus disuntik vaksin sebanyak dua dosis.

“Hitungan kita terakhir kemarin 182 juta yang harus kita vaksin, memerlukan vaksin itu 426 juta. Itu yang rusak plus angka standar WHO, ketemu angka 426 (juta),” ujar Jokowi.

Exit mobile version