Depok Kini Punya Vaksinasi Covid-19 Drive Thru

Liputan6.com, Depok – Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Depok kini tidak lagi dilakukan di dalam ruangan pusat kesehatan. Kota Depok telah memiliki satu lokasi vaksinasi corona dengan sistem drive thru atau lantatur. 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang dialokasikan untuk tenaga pendidik sebanyak 6.300 dosis.

Pemberian vaksin untuk tenaga pendidik akan dilakukan menggunakan dua mekanisme, yakni di dalam gedung pusat kesehatan dan drive thru.

“Untuk drive thru pertama kali di Depok yakni di RSUI,” ujar Dadang, Senin (22/3/2021).

Dadang menjelaskan, tenaga pendidikan yang mendapatkan vaksinasi akan ada dua pilihan, salah satunya drive thru. Dengan sistem ini, calon penerima akan disuntik vaksin di dalam kendaraannya.

“Rencananya selain di RSUI, Pemerintah Kota Depok akan melakukan vaksinasi massal dengan cara drive thru di pusat perbelanjaan Depok Town Square,” katanya.

Vaksinasi massal di pusat perbelanjaan dengan cara drive thru ditujukan kepada pengemudi ojek online dan pelayan publik yang telah mendaftar lewat aplikasi.

“Untuk drive thru di RSUI untuk dosen dan tenaga pengajar, sedangkan nanti di pusat perbelanjaan untuk ojek online,” ucap Dadang. 

Dadang mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menambah alokasi vaksin corona untuk Kota Depok. Nantinya, alokasi tersebut akan diberikan kepada lansia dan non-lansia seperti pengurus lingkungan yakni RT dan RW, serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Untuk jumlahnya kami masih menunggu alokasi yang diberikan Pemerintah Pusat untuk disesuaikan dengan kebutuhan Kota Depok,” ucap Dadang.

 

Exit mobile version