Awak Nanggala-402 Gugur, DPR Naikkan Bendera Setengah Tiang 3 Hari

Jakarta

Seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menaikkan bendera setengah tiang 3 hari berturut-turut mulai hari ini.

“Akan menaikkan bendera setengah tiang selama 3 hari berturut-turut mulai hari ini sebagai ungkapan duka cita yang mendalam,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

Dasco menyatakan segenap anggota DPR hingga pimpinan DPR berduka cita atas tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402. Bendera setengah tiang ini adalah cara DPR menghormati para awak kapal selam yang gugur.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Istimewa).Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Istimewa).

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mendukung pemberian kenaikan pangkat pada awak kapal selam KRI Nanggala-402. Puan berharap nilai-nilai perjuangan awak kapal selam KRI Nanggala-402 dirawat dan diaplikasikan seluruh prajurit.

“Pengabdian mereka tulus, tak pernah mengeluhkan usia kapal yang sudah tua. Mereka tabah sampai akhir,” ujar Puan dalam keterangannya.

Ketua DPR Puan Maharani (Foto: dok DPR).

Puan berharap pencarian jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 terus diupayakan. Dia juga berharap bangkai KRI nanggala-402 bisa diangkat dari laut dalam.

“Saya mendengar KSAL akan komit mengangkat kapal ke permukaan dengan meminta izin ke Panglima TNI serta Panglima Tertinggi untuk minta bantuan teknologi dari organisasi penyelamatan kapal selam. Evakuasi secara optimal harus didukung,” ujar Puan.

(gbr/tor)

Exit mobile version