Polri: Operasi Ketupat Selesai, Pengetatan Kendaraan Tetap Diterapkan

KESATUCO. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono menerangkan, meskipun Operasi Ketupat 2021 telah berakhir dan mampu menekan angka penyebaran Covid-19, pihaknya masih terus melakukan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 12 Tahun 2021 terkait Perpanjangan PPKM Mikro sampai dengan 14 Juni 2021. Istiono menyebut pihaknya masih terus melakukan pengetatan di sejumlah titik.

“Polri pada hari libur dan hari libur nasional akan tetap melakukan kegiatan pengetatan di area kerumunan khususnya di zona merah dan orange. Termasuk dengan tempat yang menjadi konsentrasi wisata, ekonomi, moda transportasi hingga tempat kegiatan masyarakat lainnya,” ungkap Istiono, Jumat (4/6/2021).

Tak hanya itu, Istiono juga menjelaskan pihaknya mengoptimalkan peran dari Bhabinkamtibnas secara door to door kepada masyarakat, untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi.

“Polri juga akan melaksanakan akselerasi vaksinasi untuk mempercepat herd immunity, baik dimulai dari Satgas Covid-19, TNI, Polri, dan Pemda secara aktif dan massif kepada masyarakat. Sehingga semuanya mau dilakukan vaksinasi,” imbuhnya.

“Kemudian, terdapat mobil Dikmas Lantas sampai mobil PJR juga akan digunakan sebagai unit kegiatan mobilitas untuk kegiatan tes random antigen dan penyemprotan disinfektan secara berkala. Begitupun dengan sumber daya manusia dari Polri juga dilatih untuk mengoptimalkan upaya pencegahan Covid-19,” lanjutnya.

Terakhir, Istiono menyampaikan Polri akan mengerahkan segala sarana dan prasarana yang ada untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk dengan melakukan pengetatan dan pemantauan mulai dari jalur Sumatera menuju Jawa. Namun, untuk mekanisme pengetatan nantinya disesuaikan dengan Polda atau Polres di wilayah tersebut.

“Kewenangan untuk mekanisme pengetatan diserahkan ke masing-masing wilayah,” pungkasnya. (Red)

Exit mobile version