Polres Jombang Gelar Vaksinasi dan Bagi Sembako untuk Memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66

Jombang  – Sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan vaksinasi, Polres Jombang gelar kegiatan vaksinasi merdeka di Pendopo Kabupaten Jombang. Kamis (23/9/2021).

Kegiatan yang juga digelar dalam rangka peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 ini, dihadiri Bupati Mundjidah Wahab, Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho, Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi, serta sejumlah pejabat dari instansi TNI, Polri, dan Pemkab Jombang.

Menurut AKBP Agung, vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar Polri untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok, di wilayah Jombang.

“ini merupakan upaya kita, agar seluruh lapisan masyarakat Jombang bisa memperoleh vaksinasi Covid-19. Untuk memperkuat imun tubuhnya,” ujarnya.

Polri sengaja menyasar kalangan tunawisma. Karena selama ini belum terfasilitasi vaksinasi. Apalagi, tunawisma juga sangat terdampak pandemi Covid-19, khususnya dibidang ekonomi dan kesehatan.

“Karena itu, tidak hanya vaksinasi. Kami juga menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada para tunawisma, untuk meringankan kebutuhan hidupnya,” tambah Agung.

Sementara itu, Bupati Mundjidah Wahab mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, pemerintah daerah bersama TNI, Polri serta ormas, akan tetap rutin menggelar vaksinasi walaupun hari libur kerja.

“Alhamdulillah Jombang sudah masuk PPKM level 1. Karena capaian vaksinasi dosis pertama, sudah mencapai 70 persen, kemudian dosis dua sudah mencapai 49 persen,” ungkapnya.

Sedangkan capaian vaksinasi untuk kelompok lansia, baru mencapai 47,1 persen, dari jumlah keseluruhan lansia yang menjadi sasaran mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di Jombang.

Mundjidah menjelaskan, salah satu faktor rendahnya capaian vaksinasi lansia, hingga belum menjangkau target minimal 60 persen. Karena banyak para lansia yang khawatir terhadap penyakit yang dideritanya atau komorbid.

“Mereka itu belum faham, kalau sebelum divaksin itu ada pemeriksaan kesehatan. Mereka sudah lebih dulu khawatir terhadap penyakitnya. Jadi, nanti akan ada tracing, serta diberikan pemahaman. Baru setelah itu divaksin,” tuturnya. .

Sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT, bupati dan kapolres juga memotong nasi tumpeng. Yang lalu dibagikan pada seluruh personel Sat Lantas Polres Jombang. (Titin Mujiati) 

Sumber: klikku.net

Exit mobile version