Tetih Ragil, Sang Abdi Negara Peraih Emas Panjat Tebing PON Papua

Kota Jayapura – Brigadir Polisi Tetih Ragil Evendi menjadi bahan perbincangan di Kesatuannya.. Bukan karena mencoreng nama institusi Polri, melainkan karena prestasi membanggakan di bidang olahraga.

Tetih Ragil berhasil meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional XX Papua pada cabang olahraga panjat tebing yang digelar di Kabupaten Mimika. Bangga tentu saja, karena medali emas menjadi tolak ukur prestasi puncak di dunia olahraga.

Nama Tetih Ragil sebenarnya tidak asing, sebab ia pernah meraih juara II cabang olahraga panjat tebing pada Kejuaraan Nasional atau Kejurnas tahun 2019 lalu di Kota Kembang, Bandung.

Sejatinya Tetih Ragil telah menekuni olahraga panjat tebing sejak tahun 2004 hingga meraih prestasi di Bandung. Prestasi itu memacu semangat Tetih Ragil untuk mengasah talentanya sambil menjalankan tugas sebagai abdi negara di Polresta Jayapura Kota.

Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat, telah menjadi bagian tugas pokok Tetih Ragil sebagai anggota Polri.

Bagi Tetih Ragil, prestasi puncak di PON Papua sebuah kebanggaan yang akan dipersembahkan untuk Papua, khususnya kepada institusi Polri. Ungkapan bahagia pun tak bisa bendung oleh Tetih.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas yang telah memberikan dukungan dan motivasi hingga saya bisa mendapatkan prestasi ini. Medali emas ini saya peruntukkan untuk Papua dan Instansi Polri yang telah mendukung saya,” ucap Tetih saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Tetih masih ingat saat meminta izin untuk mengikuti TC atau Training Center PON kepada pimpinan. Kala itu, Tetih bertekad agar  meraih prestasi pada PON XX Papua, cabang olahraga panjat tebing Kategori Leadmix.

Kabar prestasi Tetih juga sampai ke telinga pimpinan. Saat itu, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Brigpol Tetih Ragil Anang Evendi.

Gustav menegaskan akan tetap memberikan dukungan penuh kepada personil selama itu masih sebuah prestasi. “Kiranya hal tersebut (prestasi) menjadi motivasi dan teladan bagi personil Polresta Jayapura Kota untuk mengasah talenta atau kelebihan yang dimiliki,” ucapnya.

Sumber: kabarpapua.co

Exit mobile version