Briptu Julham Munthe Sosok Pahlawan Pendidikan

LABUHANBATU – Briptu Julham Munthe personel Sat Binmas Polres Labuhanbatu, dinilai sebagai sosok pahlawan pendidikan karena dedikasinya.

Selain tercatat sebagai anggota Polri aktif, Briptu Julham secara sukarela menjadi pengajar bahasa arab Pondok Pesantren Darus Solihin, Kelurahan Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

Profesi sebagai guru ini dilakoninya karena sebelum menjadi anggota Polri memiliki latar belakang latar seorang santri dan mengajar di Ponpes Nurul Ikhlas di Sumatera Barat.

“Saya mempunyai keahlian bidang bahasa arab yang didapatkan saat mondok di Ponpes Ar-Raudhatul Hasanah sehingga ilmu itu diimplementasikan untuk mengajar di Ponpes Darus Sholihin, Labuhanbatu,” katanya, Selasa (9/11).

Dalam menjalankan aktivitas belajar mengajar, suami dari Yulinda ini dibantu rekannya. Belajar mengajar dilakukan Julham setiap hari dengan waktu selama 2 jam mulai dari kelas I, II dan III. Tentunya pekerjaan sebagai guru tidak mengganggu tugasnya sebagai anggota Polri yang mengayomi dan melayani masyarakat.

“Saya sangat merasa bahagia, ketika tahu bahwa guru saya ternyata seorang polisi yang sangat pandai mengajarkan Bahasa Arab,” ungkap Salsa salah seorang murid.

Julham mengaku, sebagai personel Sat Binmas Polres Labuhanbatu memiliki tugas dan tanggungjawab melakukan pembinaan di masyarakat. “Mengajar ini merupakan amal jariyah (amal yang tak terputus) dan tujuan lainnya untuk meningkatkan citra Polri bahwa bukan saja mengurusi tentang penanganan perkara tetapi juga ikut membagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Semoga kehadiran saya mengajar di Ponpes Darus Solihin dapat membantu anak-anak meraih cita-citanya yang lebih tinggi,” harap anak pertama dari empat bersaudara tersebut.

Sumber: Waspada.co.id

Exit mobile version