Da’i Bachtiar Minta Polri Berbenah: Pelayanan Masyarakat hingga SOP

WARGABICARA.COM Para mantan Kapolri melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini, salah satunya Jenderal (Purn) Da’i Bachtiar. Da’i meminta agar Polri dibenahi dari segi pelayanan masyarakatnya hingga SOP-nya.

“Misalnya pelayanan publik, artinya tingkat pelayanan Polri kepada masyarakat dari yang paling rendah sampai paling atas itu coba dievaluasi bahkan direevaluasi,” kata Da’i Bachtiar di Mabes Polri, Kamis (27/10/2022)

Da’i mengatakan Polri harus mengkaji kembali setiap SOP yang sudah ada. Hal ini dilakukan lantaran adanya isu ketidakpuasan masyarakat terhadap instansi Polri.

“Artinya SOP-SOP atau standard operating procedure yang sudah ada itu coba dikaji kembali, mengapa sampai terjadi kembali tentu ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan Polri,” sambung dia.

Lanjut, katanya, Polri juga mesti memperbaiki sisi penerimaan laporan dari masyarakat. Hal-hal tersebut, menurutnya, dapat diperbaiki dalam tempo waktu yang singkat.

“Termasuk juga kehadiran anggota Polri pada masyarakat yang sangat membutuhkan. Misalnya masyarakat melaporkan, kemudian berapa waktu, berapa lama laporan itu segera direspons oleh Polri,” ujarnya.

Ada pula perbaikan yang memang membutuhkan waktu lama. Misalnya dari segi anggaran untuk pengadaan fasilitas operasional yang memang diperlukan dalam rangka pelayanan publik.

“Jangka panjangnya tentu apa problem yang dihadapi oleh mereka, apa dari dukungan anggaran, dukungan fasilitas, misalnya untuk operasionalnya. Karena itu yang sangat juga menentukan,” jelasnya.

Baca Juga: Bekas Kantor Wali Kota Kini Jadi Mal Pelayanan Publik di Tanjungpinang

Exit mobile version