Warga Keluhkan Rencana Pemerintah Tutup TPA Suwung Saat KTT G20: Kami Rugi

WARGABICARA.COM Masyarakat mengeluhkan rencana Pemerintah yang akan menutup Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung selama puncak KTT G20 yaitu 15-16 November 2022.

Salah satunya diungkapkan pemulung bernama Omar Brii (60) yang mengaku sempat mendengar informasi soal penutupan sementara TPA Suwung.

“Bisa rugi karena tidak dapat mengumpulkan barang. Sehari paling tidak dapat empat karung bisa dapat bersih Rp70 ribu,” kata dia dikutip dari Antara.

Pemulung yang mencari nafkah selama 13 tahun dari pagi ke sore di TPA Suwung itu mengaku sejauh ini tidak pernah ada penutupan di sana, terkecuali saat Hari Raya Nyepi.

Kata dia, apabila benar dilakukan penutupan selama dua hari maka sampah akan menumpuk di lokasi lain, sehingga itu menjadi jalan keluarnya, yaitu mencari nafkah di lokasi lain sementara.

Hal serupa disampaikan Ketut Karti (39), pemilik warung di tengah TPA Suwung itu mengaku khawatir apabila lokasi pembuangan ditutup maka dirinya tidak akan mendapat penghasilan di hari itu.

“Tidak bisa buka warung rugi, mungkin nanti cari lokasi lain jualan karena tutup setengah hari saja berefek,” ujar pedagang asal Nusa Penida itu.

Perempuan yang sudah berjualan selama tiga tahun di TPA Suwung itu selama ini mencari nafkah sepenuhnya dari berjualan makanan dan minuman bagi pemulung dan pencari nafkah di sekitar sana, dengan penghasilan harian sekitar Rp200 ribu.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Pemkot Denpasar memutuskan menutup Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung selama puncak KTT G20 yaitu 15-16 November 2022.

“Saat puncak G20 15-16 November, TPA Suwung sementara dua hari itu ditutup. Untuk sampah-sampah yang dihasilkan masyarakat itu dimaksimalkan untuk ditangani TPS3R yang ada di masing-masing desa/kelurahan,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar I Dewa Gede Rai.

Baca Juga: Datangi Pemkot Bandung, Ridwan Kamil Minta Pelayanan Publik Jangan Terhenti

Exit mobile version