Gangguan Teknis LRT dan Keluhan Warga, Pengamat Sarankan Evaluasi Menyeluruh

WARGABICARA.COM – Pengamat kebijakan publik dari UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat menyoroti gangguan LRT Jabodebek yang terjadi pada hari ketiga pasca peresmian operasi. Gangguan tersebut terjadi pada LRT Jabodebek yang berangkat dari Bekasi Rabu pagi ini, 30 Agustus 2023. Penumpang diturunkan setelah perjalanan sekitar lima menit.

“Belum lagi soal pengereman yang kurang halus dan jarak antarkereta di stasiun yang kurang optimal. Perlu peninjauan ulang dan evaluasi menyeluruh,” kata Achmad melalui pesan WhatsApp kepada Tempo, Rabu, 30 Agustus 2023.

Achmad juga mengatakan permasalahan dan keluhan masyarakat pengguna LRT Jabodebek harus diperhatikan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah desain pintu kereta LRT Jabodebek yang dinilai terlalu rendah. Desain pintu ini, meskipun didasarkan pada data statistik tinggi rata-rata penduduk Indonesia, seharusnya dipikirkan dengan lebih inklusif.

Desain pintu yang rendah, menurut Achmad, juga bisa menimbulkan kecemasan dan ketidaknyamanan bagi pengguna yang memiliki phoba ruang sempit. “ayangkan ketika mereka harus masuk melalui pintu yang rendah dan berada di dalam kereta yang mungkin penuh dengan penumpang lain. Ini tentu bukan pengalaman yang diharapkan dari transportasi massal modern,” ujarnya.

Achmad pun merekomendasikan agar pihak pengelola LRT Jabodebek segera mengevaluasi dan melakukan perbaikan. Perkara masalah teknis, misalnya, Achmad menyebut adanya kebutuhan untuk meningkatkan pemeliharaan rutin dan pelatihan bagi staf. Terutama dalam penanganan situasi darurat. Hal itu untuk memastikan bahwa gangguan operasional dapat diminalisir.

“Kalaupun sudah terjadi, dapat ditangani dengan cepat dan efisien,” ujar Achmad.

Tak cuma itu, Achmad melanjutkan, pengelola LRT Jabodebek perlu memperkuat komunikasi dan keterbukaan informasi kepada publik. Misalnya dengan mengadakan sesi tanya jawab reguler atau forum diskusi dengan masyarakat untk mendapatkan masukan langsung dari pengguna dan meningkatkan kepercayaan publik.

Dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam evaluasi dan perbaikan layanan, LRT Jabodebek tidak hanya akan memenuhi kebutuhan transportasi, tetapi juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat yang dilayani.

“Dalam mewujudkan transportasi massal yang inklusif, efisien, dan terjangkau, keterlibatan masyarakat dan transparansi dari pihak pengelola menjadi kunci,” kata Achmad. “Semoga LRT Jabodebek dapat terus memperbaiki diri dan menjadi contoh positif bagi sistem transportasi lainnya di Indonesia.”

LRT Jabodebek diresmikan Presiden Jokowi pada Senin, 28 Agustus 2023. Saat ini moda trasnposrtasi publik tersebut mengoperasikan sebanyak 12 trainset atau rangkaian kereta dan 158 perjalanan setiap harinya. Adapun tarifnya yang ditawarkan adalah tarif promo yang diberlakukan hingga akhir September 2023 sebesar Rp 5.000.

LRT Jabodebek beroperasi mulai pukul 05.00-20.00 WIB. Dengan jam keberangkatannya paling awal dari Stasiun LRT Jati Mulya ke Dukuh Atas pada pukul 05.00 WIB; Dukuh Atas ke Jati Mulya 05.58 WIB; Harjamukti ke Dukuh Atas 05.09 WIB; dan Dukuh Atas ke Harjamukti  05.09 WIB.

Sementara keberangkatan terakhir LRT Jabodebek saat ini dari Dukuh Atas ke Jatimulya pukul 18.58 WIB; Jatimulya ke Dukuh Atas 18.00 WIB; Harjamukti ke Dukuh Atas 17.49 WIB; dan Dukuh Atas ke Harjamukti 17.49 WIB.

Baca Juga: Pemkot Kediri Buka Mall Pelayanan Publik di Pusat Perbelanjaan

Exit mobile version