Destinasi Impian, Ini 10 Negara Paling Bahagia Bagi Gen Z dan Milenial!

10 Negara Paling Bahagia Bagi Gen Z dan Milenial. Sumber The Independent.

10 Negara Paling Bahagia Bagi Gen Z dan Milenial. Sumber The Independent.

WargaBicara.com – Menurut laporan terbaru World Happiness Report 2024, Lituania telah dinobatkan sebagai negara paling bahagia bagi generasi Gen Z dan Milenial. Dilansir dari CNBC International pada Senin (25/3/2024), Lituania berhasil menduduki posisi teratas dalam peringkat ini. Namun demikian, negara tersebut menempati peringkat ke-44 bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun, sementara secara keseluruhan, Lituania berhasil menduduki peringkat ke-19 sebagai negara paling bahagia di dunia.

“Laporan tersebut menyoroti konvergensi antara kedua belahan Eropa, terutama dipengaruhi oleh peningkatan kebahagiaan generasi muda,” ungkap laporan tersebut. Melansir data dari Pew Research Center, laporan World Happiness Report memberikan peringkat negara-negara paling bahagia bagi mereka yang berusia 30 tahun ke bawah, yang terdiri dari Gen Z dan Milenial.

Perbedaan peringkat antara generasi muda dan lansia sangatlah mencolok. Lituania berhasil meraih skor keseluruhan 7.759 dalam World Happiness Report 2024.

Trend peningkatan kebahagiaan negara ini telah terjadi sejak tahun 2017, ketika Lithuania berada di peringkat ke-52 dalam laporan keseluruhan, sebagaimana dilaporkan oleh Radio dan Televisi Nasional Lituania (LRT).

Menurut CIA World Factbook, mayoritas penduduk Lituania, sebanyak 63,11%, berusia antara 15 hingga 64 tahun, sementara hanya 21,59% yang berusia 65 tahun ke atas.

Faktor biaya hidup yang lebih rendah di Lituania turut menjadi pertimbangan. Biaya hidup di negara ini rata-rata 32,2% lebih rendah daripada di Amerika Serikat, menurut data dari Numbeo. Bahkan, perkiraan biaya bulanan untuk satu orang di bawah USD 800, belum termasuk biaya sewa.

Vilnius, ibu kota Lituania, telah mendapatkan peringkat tinggi sebagai kota masa depan versi Financial Times. Selain itu, Vilnius juga dikenal sebagai pusat industri game, dengan 90 persen perusahaan di sektor tersebut berpusat di kota ini, menurut LRT.

Berikut adalah 10 negara paling bahagia bagi Gen Z dan Milenial menurut World Happiness Report:

  1. Lithuania
  2. Israel
  3. Serbia
  4. Islandia
  5. Denmark
  6. Luksemburg
  7. Finlandia
  8. Rumania
  9. Belanda
  10. Ceko

Israel menduduki peringkat kedua sebagai negara paling bahagia bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, dengan skor 7.667, menurut laporan yang sama.

Selain Lithuania, Israel juga menonjol dalam hal kepuasan hidup, hubungan sosial, dan kesehatan, menurut Better Life Index dari OECD. Dengan angka harapan hidup mencapai 83 tahun, Israel menunjukkan prestasi dua tahun di atas rata-rata OECD yang berada pada angka 81 tahun.

World Happiness Report menilai kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan yang dilakukan oleh individu itu sendiri, serta pertanyaan mengenai kehidupan terbaik dan terburuk mereka. Pusat Penelitian Kesejahteraan di Universitas Oxford, penerbit laporan tersebut, mempertimbangkan enam variabel utama dalam menilai lebih dari 130 negara, termasuk PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, kemurahan hati, dan kebebasan dari korupsi.

Baca juga: Melangkah Bersama Menjaga Kedamaian Tanpa Konflik dalam Pemilu 2024

Sumber: Liputan6.

Exit mobile version