Profil dan Prestasi Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Indonesia Pemecah Rekor Dunia di Olimpiade Paris 2024

WargaBicara.com – Profil dan prestasi Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing Indonesia yang memecahkan rekor dunia di Olimpiade Paris 2024, patut diulas lebih dalam. Banyak pembaca yang mungkin belum mengenalnya.

Pada babak seeding heats di Le Bourget Sport Climbing Venue, Le Bourget, pada Selasa, 6 Agustus 2024 sore WIB, Veddriq berlaga di urutan kelima di jalur B, bersebelahan dengan perwakilan tuan rumah. Tanpa diduga, Veddriq langsung melesat dan mencatatkan waktu tercepat, memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 4,92 detik pada kesempatan pertama.

Tak berhenti di situ, Veddriq kembali memecahkan rekor dunia pada kesempatan kedua dengan catatan waktu yang lebih cepat, yaitu 4,79 detik. Dengan hasil ini, atlet panjat tebing nomor speed putra andalan Indonesia ini berhasil melaju ke babak perempat final.

Namun, di saat yang bersamaan, atlet panjat tebing Amerika Serikat, Sam Watson, juga tampil luar biasa. Pemegang rekor dunia sebelumnya ini mencatatkan waktu yang sedikit lebih cepat, yakni 4,75 detik.

Veddriq Leonardo lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 11 Maret 1997. Hingga kini, belum ada informasi mengenai agama yang dianut oleh atlet berusia 27 tahun ini.

Meski berkarier sebagai atlet panjat tebing, Veddriq adalah lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Veddriq mengikuti turnamen panjat tebing nasional pertamanya pada 2014 yang digelar di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Sayangnya, saat itu ia gagal menjadi juara dan hanya finis di posisi delapan besar.

Pada tahun 2016, di ajang yang sama, Veddriq berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Nasional Junior yang digelar di Bangka Belitung. Prestasi ini membuat namanya mulai dikenal di kalangan pecinta panjat tebing.

Pada 2018, Veddriq untuk pertama kalinya mengikuti Kejuaraan Dunia IFSC panjat tebing di Moskow, Rusia, dan berhasil meraih medali perunggu.

Kesuksesan debut internasionalnya semakin memacu Veddriq untuk berprestasi lebih tinggi. Ia sukses meraih berbagai prestasi di level Asia maupun dunia.

Di tingkat Asia, Veddriq pernah meraih medali emas di ajang Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia, serta medali emas di Kejuaraan Asia 2019 dan perak pada 2022.

Di tingkat dunia, Veddriq telah memenangkan 6 gelar Kejuaraan Dunia IFSC, dua kali pada 2021, dua kali pada 2022, dan dua kali pada 2023.

Veddriq Leonardo lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah berhasil meraih posisi ketiga nomor speed putra di babak kualifikasi Olimpiade di Budapest, Hungaria. Ia diandalkan untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Demikian profil dan prestasi Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing Indonesia yang memecahkan rekor dunia di Olimpiade Paris 2024. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : Warga Jakarta Menolak Keras Motor Akan Kena ERP

Yuk dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari WargaBicara.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email dan sosial media kami lainnya!

Exit mobile version