Gelar QurbanKu HasanahKu, BNI Syariah Salurkan 530 Hewan Kurban

News.detik.com – Serangkaian kegiatan dilaksanakan BNI Syariah bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) dalam momen Idul Adha 1441 Hijriah. Rangkaian tersebut dilaksanakan BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner untuk menebarkan kebaikan dan memberikan manfaat bagi mitra dan masyarakat.

Ada empat kegiatan yang dijalankan BNI Syariah pada Idul Adha tahun ini. Kegiatan pertama, QurbanKu HasanahKu, yaitu pengumpulan hewan qurban dari karyawan BNI Syariah dan nasabah. Selanjutnya, Reward Hasanah, yakni program reward bagi cabang dengan perolehan hewan qurban terbanyak yang disalurkan melalui BNI Syariah. Program Reward Hasanah bertujuan untuk meningkatkan semangat insan hasanah BNI Syariah dalam berpartisipasi dan berlomba dalam kebaikan.

Kegiatan lainnya, Qurban di Benteng Hasanah yaitu penyaluran hewan kurban ke 10 titik terluar Indonesia (Benteng Hasanah di batas negeri). Terakhir, Qurban atas nama Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) di beberapa kota seperti Jabodetabek, Semarang, Makassar, Aceh dan Medan.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo berharap QurbanKu HasanahKu 1441 H bisa menjadi wadah bagi masyarakat, nasabah, maupun karyawan dalam menyalurkan hewan kurban secara tepat sasaran dan menjangkau penerima manfaat yang lebih luas.

“Semoga kami dapat terus menjadi mitra yang menemani perjalanan menuju hasanah dunia dan akhirat, Insyaallah,” kata Abdullah.

Dari QurbanKu HasanahKu, BNI Syariah menyalurkan 530 hewan kurban senilai Rp 4,26 miliar. Rincian dari jumlah tersebut, yaitu 190 sapi/kerbau senilai Rp 3,3 miliar dan 340 kambing/domba senilai Rp 926 juta.

Tidak hanya menyalurkan hewan kurban, BNI Syariah juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berqurban melalui program Qurban Progressive, Qurban Hasanah Cicilan 0% selama 3 Bulan, dan program QurbanKu dengan realisasi sebanyak 811 hewan kurban senilai Rp 4,05 miliar.

“Seremonial pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, disebabkan karena adanya Pandemi COVID-19. Kegiatan QurbanKu HasanahKu tahun ini diharapkan bisa mengajak masyarakat memperoleh pengalaman berhasanah melalui iconic event Idul Adha yang diselenggarakan oleh BNI Syariah,” tutur Abdullah.

Abdullah menekankan, BNI Syariah melaksanakan kurban sesuai dengan ketentuan dalam Surat Edaran Menteri Agama RI dan Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan. QurbanKu HasanahKu dilakukan di 107 masjid yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah yang dikelola Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) dan masjid terdekat lokasi cabang pada 31 Juli – 3 Agustus 2020.

Sebagai informasi, kegiatan QurbanKu HasanahKu dilakukan oleh 5 Sektor Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan Cabang BNI Syariah. Hewan kurban dalam kegiatan tersebut disalurkan kepada kaum duafa/penerima manfaat dengan menggandeng mitra masjid yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah seperti masjid dalam kelolaan Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) dan masjid terdekat dengan lokasi BNI Syariah.

Sementara itu, pelaksanaan kurban di Benteng Hasanah dilakukan di 10 titik, di antaranya Pulau Semau (Nusa Tenggara Timur), Konawe Selatan (Sulawesi Tengah), Desa Beha Kecamatan Tabukan Utara (Sulawesi Utara), Singkawang (Kalimantan Barat), Dusun Penyeladi Hulu (Kalimantan Barat), Desa Kudu Kecamatan Oba Utara (Maluku Utara), Desa Ubung Pulau Buru (Maluku), Pulau Kubung Airmas (Batam), Kabupaten Aceh Jaya (Aceh), dan Pesantren Asy Syabaab Jogoroto Jombang (Jawa Timur).

Dalam pelaksanaannya, QurbanKu HasanahKu juga mengedepankan aspek green activity untuk kelestarian lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik untuk pengemasan daging hewan kurban, melainkan menggunakan besek bambu.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan Hasanah Way, dengan terus menerus berusaha mengingatkan dan mengajak ke arah yang lebih baik dengan niat untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (Hasanah) yang tidak terputus baik di dunia maupun akhirat. 

Exit mobile version