Bukan Styrofoam, Kemasan Makanan Ini Ramah Lingkungan

Dream.co.id – Penggunaan plastik sekali pakai untuk membungkus makanan, sudah sangat berlebihan. Bisa dilihat dengan menumpuknya kemasan sampah plastik hingga mencemari lautan dan mengancam ekosistem lingkungan.

Sebuah terobosan dilakukan oleh sebuah perusahaan start-up bernama Evoware asal Indonesia. Perusahaan ini menghadirkan sederet produk pembungkus makanan sekali pakai yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah kotak makan mirip styrofoam. Bukan berasal dari bahan plastik yang sulit hancur, Evoware menggunakan batang tebu. Kemasannya cukup lebar seperti kotak plastik sekali pakai yang biasa digunakan untuk membawa makanan. Sebagai pelengkap, alat makan berupa garpu dan sendok terbuat dari kayu.

” The lunchbox is from sugarcane and as you can see we use wooden cutleries,” tulis keterangan dalam Instagram @evowareworld

Tak hanya itu, pada 2016 silam, Evoware merilis produk-produk ramah lingkungan untuk penunjang industri kuliner, yakni berupa gelas yang bisa dimakan. Gelas ini diciptakan untuk mengganti gelas plastik yang kerap jadi sampah.

Bahan utama pembuatan gelas dan juga kemasan yang bisa dimakan ternyata menggunakan rumput laut. Bahan rumput laut di Indonesia ini sebenarnya sangat mudah didapatkan, sayang cenderung kurang dimanfaatkan secara maksimal.

Gelas dari rumput laut diberi nama Ello Jello. Gelas ternyata bisa hancur dengan sendirinya secara alami selama kurang lebih 30 hari. Produk Ello Jello ini disebut juga sudah tersertifikasi halal.

Exit mobile version