BPOM Berharap EUA Vaksin COVID-19 untuk Lansia Bisa Segera Terbit

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berharap dapat segera mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Sinovac untuk lansia.

Dalam konferensi persnya pada Jumat pekan lalu, Penny K. Lukito, Kepala BPOM mengatakan bahwa mereka masih menunggu hasil uji klinis fase tiga vaksin Sinovac dari Brasil.

“Untuk yang lansia, kami menunggu hasilnya yang dilakukan di China untuk fase I dan II, dan di Brasil untuk fase III,” kata Penny, ditulis Senin (11/1/2021).

“Nanti akan diberikan ke kami dan akan kita gunakan untuk memberikan Emergency Use Authorization, mudah-mudahan tidak terlalu lama, dengan demikian bisa diberikan Emergency Use Authorization khusus untuk lansia,” Penny melanjutkan.

Pada kesempatan tersebut, Penny juga mengungkapkan bahwa Brasil telah melakukan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac fase ketiga, untuk kelompok usia di atas 59 tahun. Nantinya pengujian vaksin tersebut bagi lansia, tidak akan diulang lagi di Indonesia.

 

Exit mobile version