12 Juta Vaksin COVID-19 Sinovac Bentuk Jadi Selesai Pekan Ketiga Februari 2021

Dalam upaya pengadaaan vaksin COVID-19, Indonesia sudah mengamankan empat jenis vaksin. Pengadaan vaksin COVID-19 berkat kerja sama bilateral dan multilateral.

Budi Gunadi memaparkan jenis dan jumlah vaksin COVID-19 yang sudah diamankan Indonesia. “Alhamdulillah, sekarang kita sudah bisa mendapatkan 4 jenis vaksin dari tempat jurisdiksi negara yang berbeda. Yang pertama adalah Sinovac, jenis vaksin dari virus yang dimatikan. Kita sudah mendapatkan kontrak secara pasti 125 juta dosis vaksin dari Tiongkok ini,” paparnya.

“Yang kedua, kita mendapatkan vaksin Pfizer 50 juta dosis. Vaksin ini berasal dari negara Jerman bekerja sama dengan Amerika, yang berdasarkan teknologi rekayasa genetik mRNA.”

Kemudian jenis vaksin yang ketiga adalah vaksin COVID-19 AstraZeneca dari London, Inggris. Jenis vaksin ini berbasis teknologi viral vector.

“Ada juga 50 juta dosis dari Novavax. Ini perusahaan Amerika Kanada, yang pastinya (vaksin COVID-19) berbasis teknologi protein. Keempat vaksin COVID-19 dengan sumber yang berbeda untuk mengamankan risiko, ya kalau negara-negara lain ada yang memblok pengiriman vaksinnya,” jelas Budi.

Exit mobile version