Meninjau Layanan Publik di KJRI New York

WARGABICARA.COM Ditengah kunjungannya ke New York, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa berkesempatan meninjau pelayanan publik di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, Amerika Serikat, pada Kamis (10/11). KJRI New York memberikan layanan bagi WNI dan WNA yang mencakup 15 negara bagian dengan jumlah WNI sekitar 32.000 orang.

KJRI New York memberikan layanan antara lain layanan visa, paspor, lapor diri, surat keterangan, dan legalisasi dokumen. Dalam kesempatan tersebut, Deputi Diah meninjau desk layanan biometrik, visa, dan paspor. KJRI New York melayani masyarakat pada Senin-Jumat di pukul 09.30-17.00 dan menyediakan layanan pengiriman dokumen melalui Fedex dan UPS. KJRI New York juga memiliki inovasi layanan yakni, layanan online dan layanan keliling.

Inovasi layanan online diakses melalui aplikasi Smart Consulate Office (SCO) yang bisa diakses melalui website dan ponsel. SCO memangkas birokrasi dan menyediakan berbagai layanan, informasi, serta penjadwalan layanan. Sedangkan, layanan keliling diberikan melalui inovasi Warung Konsuler yang diselenggarakan dua kali setahun dengan rata-rata pemohon 200 orang di Philadelphia dan New Hampshire, dimana dengan total WNI sekitar 9.000 orang.

Selain meninjau pelayanan publik, Diah beserta delegasi Kementerian PANRB berkesempatan mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November bersama jajaran KJRI New York. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Konsul Jenderal RI di New York Winanto Adi, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad, serta jajaran terkait.

Baca Juga: Warga Keluhkan Rencana Pemerintah Tutup TPA Suwung Saat KTT G20: Kami Rugi


Exit mobile version