SD Negeri di Ponorogo Ini Hanya Punya Satu Siswa Baru

WARGABICARA.COM – SD Negeri Setono, Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, hanya memiliki satu siswa untuk tahun ajaran 2023/2024.

Kepala SDN Setono, Prayitno yang dikonfirmasi Senin (17/7/2023) menyatakan, seorang siswi itu diterima dengan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur zonasi.

Prayitno mengungkapkan, biasanya, saat kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah berjalan akan ada siswa mendaftar.

“Biasanya setelah masuk sekolah itu ada tambahan siswa baru. Makanya kami tetap membuka offline untuk penerimaan siswa baru,” kata Prayitno.

Prayitno mengungkapkan penerimaan siswa baru di sekolahnya terus mengalami penurunan.

Tahun ajaran 2022/2023, siswa baru yang masuk ke sekolahnya hanya lima orang. Padahal saat itu penerimaan siswa baru sudah menggunakan sistem PPDB online.

Ia berharap dalam waktu dekat akan ada siswa baru yang mendaftar di sekolahnya.

“Saat ini Kami tetap buka offline (untuk menerima siswa baru). Hanya nanti apakah ada tambahan atau tidak kami kurang tahu,” jelas Prayitno.

Kendati hanya satu siswa baru, Prayitno memastikan guru di kelas itu tetap mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran.

Ia menambahkan saat ini persaingan sekolah mendapatkan siswa makin ketat. Terlebih saat ini orangtua lebih memilih menyekolahkan anaknya ke madrasah.

Sementara itu, Maji, kakek dari siswa satu-satunya itu, mengaku tidak tahu bahwa di hanya cucunya lah yang mendaftar di sekolah di SDN Setono.

Pasalnya dirinya hanya mengantarkan cucunya ke sekolah.

“Ini hanya cucu saya saja (yang masuk). Nanti ke depannya seperti apa tergantung kesepakatan sekolah dengan saya,” tutur Maji.

Baca Juga: Seruan Penolakan Pertemuan LGBT Se-ASEAN di Jakarta

Exit mobile version