76 Anggota DPR Aceh Dilantik: Petahana Jadi Modal Penting bagi Tugas Legislasi ke Depan

WargaBicara.com – Sebanyak 76 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh periode 2024-2029 resmi dilantik dalam sidang paripurna istimewa yang digelar di Gedung DPR Aceh, Banda Aceh, pada Senin (30/9/2024). Dari jumlah tersebut, 32 persen atau 26 anggota merupakan wajah lama yang terpilih kembali dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Sementara itu, lima orang anggota terpilih tidak ikut dilantik karena mencalonkan diri dalam Pilkada 2024.

Sidang paripurna pelantikan ini dipimpin oleh Ketua DPR Aceh periode 2019-2024, Zulfadhli, dengan pengambilan sumpah yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Suharjono.

Dalam sambutannya, Zulfadhli menekankan pentingnya keberadaan 32 persen anggota petahana sebagai aset berharga bagi kelangsungan tugas legislatif di periode mendatang.

“Pengalaman yang diperoleh oleh teman-teman petahana, kiranya dapat bermanfaat untuk diteruskan dalam mengemban tugas-tugas legislatif,” ungkap Zulfadhli.

Ia juga menyoroti capaian DPR Aceh periode 2019-2024, yang berhasil menetapkan 43 Qanun Aceh sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Pemerintahan Aceh.

“DPRA masa jabatan 2019-2024 juga dengan segenap tenaga telah memperjuangkan dan mempertahankan setiap kekhususan dan keistimewaan Aceh sebagaimana diamanahkan dalam UUPA,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Zulfadhli mewakili seluruh anggota DPR Aceh yang masa jabatannya berakhir, menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan selama lima tahun bertugas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pejabat struktural dan karyawan/karyawati sekretariat DPR Aceh yang telah setia dan penuh dedikasi memfasilitasi semua kebutuhan kedewanan. Banyak kesan yang terukir sejak anggota DPR Aceh periode 2019-2024 dilantik pada 30 September 2019 hingga hari ini. Tentunya, masih banyak tugas dan cita-cita yang belum tuntas kami wujudkan. Tongkat estafet akan diteruskan oleh anggota DPR Aceh selanjutnya,” tutup Zulfadhli.

Baca Juga : DPR: Perlindungan Jaminan Kesehatan di Denpasar Sudah Baik

Dapatkan informasi terupdate berita dari kami. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media WargaBicara.com lainnya.

Exit mobile version