Penjelasan Kalender Hijriah dan Tanggal Hari Ini 3 Oktober 2024

WargaBicara.com – Kalender Hijriah merupakan kalender yang digunakan oleh umat Islam sebagai acuan dalam beribadah. Lantas, jika berdasarkan kalender Hijriah, hari ini 3 Oktober 2024 itu tanggal berapa? Simak penjelasan berikut ini.

Dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, kalender Hijriah adalah sistem penanggalan Islam yang berdasarkan pada peredaran bulan. Kalender Hijriah sering juga disebut dengan nama kalender Qamariyah.

Sebagai acuan bagi umat Islam, berikut informasi mengenai tanggal berapa hari ini berdasarkan kalender Hijriah.

Kalender Hijriah Hari Ini 3 Oktober 2024 Tanggal Berapa?

Penentuan tahun baru pada kalender Hijriah tidak seperti kalender Masehi yang momen tahun barunya selalu konsisten sama, yaitu setiap tanggal 1 Januari. Hal itu dikarenakan pada satu tahun Hijriah terhitung hanya 354 atau 355 hari saja, berbeda dengan kalender masehi yang terhitung 365/366 hari sehingga mengakibatkan perbedaan.

Di Indonesia, kerap kali terjadi perbedaan penetapan kalender Hijriah antara pemerintah Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah. Hal tersebut lantaran adanya perbedaan cara penentuan yang berbeda.

Tanggal Hijriah 3 Oktober 2024 Menurut Keputusan Pemerintah

Berdasarkan kalender Hijriah resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag), Tahun Baru Islam atau 1 Muharram jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Oleh karena itu pada hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024 adalah tanggal 29 Rabiul Awal 1446 H.

Tanggal Hijriah 3 Oktober 2024 Menurut Keputusan Nahdlatul Ulama (NU)
Nahdlatul Ulama (NU) melalui Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengeluarkan keputusan bahwa 1 Muharram atau tahun baru islam jatuh pada tanggal 8 Juli 2024. Keputusan tersebut didasari pada pantauan langsung dengan metode rukyatul hilal di lapangan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, pada hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024 adalah tanggal 28 Rabiul Awal 1446 H

Tanggal Hijriah 3 Oktober 2024 Menurut Keputusan Muhammadiyah

Dikutip dari laman resminya, Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 Muharram 1446 H atau tahun baru islam jatuh pada tanggal 7 Juli 2024, sama dengan keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Penetapan itu didasari perhitungan astronomis Muhammadiyah yang menggunakan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Oleh karena itu pada hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024 adalah tanggal 29 Rabiul Awal 1446 H

Keistimewaan Bulan Rabiul Awal

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan yang memiliki salah satu kejadian sangat penting dalam sejarah Islam yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu sosok yang diutus oleh Allah SWT sebagai rahmat terhadap seluruh alam. Dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), berikut adalah beberapa keutamaan dari bulan Rabiul Awal, antara lain:

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Menjadi kejadian sangat istimewa yang terjadi di bulan Rabiul Awal. Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal. Oleh karena itu bulan Rabiul Awal sering juga dikenal dengan bulan maulid nabi karena banyaknya perayaan maulid nabi yang terjadi untuk mengenang kelahiran Rasulullah SAW.

Hijrah Nabi Muhammad SAW

Salah satu keistimewaan lain dari bulan Rabiul Awal adalah terjadinya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Peristiwa hijrah itu merupakan salah satu momen penting dalam islam karena menandakan awal berdirinya masyarakat Islam pertama di Madinah.

Bulan Rabiul Awal mengingatkan kita bersama betapa pentingnya keteguhan, pengorbanan, serta perjuangan dalam menegakkan Islam sebagai agama Allah SWT.

Demikian penjelasan lengkap mengenai tanggal berapa hari ini 3 Oktober 2024 berdasarkan perhitungan kalender Hijriah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Polres Pekalongan Kota Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Virtual

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari WargaBicara.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version