Giring Ganesha Eks Vokalis Nidji Resmi Dilantik sebagai Wakil Menteri Kebudayaan

WargaBicara.com – Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Giring Ganesha Djumaryo sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Mantan vokalis band Nidji ini akan bekerja sama dengan Fadli Zon, politikus Gerindra yang dipercaya sebagai Menteri Kebudayaan untuk masa pemerintahan lima tahun ke depan.

Perjalanan Karier Giring Ganesha: Dari Musik hingga Politik

Giring Ganesha lahir pada 14 Juli 1983 dan dikenal luas sebagai vokalis Nidji, band yang populer dengan lagu-lagu hits seperti “Hapus Aku” dan “Laskar Pelangi”. Lagu terakhir ini bahkan menjadi soundtrack film Laskar Pelangi (2008), yang memperkuat popularitas Nidji di Indonesia.

Namun, Giring membuat keputusan mengejutkan pada 2017 dengan meninggalkan Nidji, menyatakan saat itu bahwa ia hanya ingin beristirahat dan melanjutkan studi.

Giring mulai menunjukkan ketertarikannya pada politik ketika bergabung sebagai relawan untuk kampanye Jokowi-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014. Ia juga aktif sebagai relawan di Pilkada DKI Jakarta 2017, mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat.

Pada 2019, Giring resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Barat I dalam Pileg 2019. Meskipun berhasil memperoleh 47.069 suara, ia gagal melaju ke Senayan karena PSI tidak mencapai ambang batas parlemen.

Pada 11 November 2021, Giring membuat langkah besar dengan diangkat sebagai Ketua Umum PSI, menggantikan Grace Natalie. Namun, jabatan tersebut ia serahkan kepada Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, yang diangkat sebagai Ketua Umum PSI pada 25 September 2023, hanya dua hari setelah bergabung dengan PSI.

Selain musik dan politik, Giring juga aktif di dunia esports. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) dan bekerja sama dengan PT Gajah Merah Terbang, bagian dari grup PT Merah Cipta Media, untuk mendirikan liga esports Indonesia. Liga ini menyelenggarakan kompetisi dengan hadiah total sebesar Rp 1 miliar.

Setelah menyerahkan kepemimpinan PSI kepada Kaesang, Giring kini menduduki posisi sebagai anggota Dewan Pembina PSI.

Penunjukan Giring sebagai Wakil Menteri Kebudayaan menghadirkan babak baru dalam karier politiknya. Di bawah kepemimpinan Fadli Zon, Giring akan berperan dalam memajukan kebudayaan nasional. Dengan latar belakang musik, kreativitas, dan pengalaman politiknya, Giring diharapkan dapat memberi sentuhan inovatif dalam program-program kebudayaan selama pemerintahan Prabowo-Gibran.

Keterlibatannya di berbagai bidang membuktikan bahwa Giring adalah sosok multitalenta yang siap menghadapi tantangan baru. Masyarakat kini menantikan kontribusinya dalam memperkuat kebudayaan Indonesia di tengah perubahan zaman.

Baca Juga : Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Dilantik, Era Baru Kepemimpinan Indonesia Dimulai #BerharapUntukIndonesia

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari Wargabicara.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version