Apa Akibatnya Jika Tidak Mendapatkan Vaksinasi COVID-19 Kedua Tepat Waktu?

Liputan6.com, Jakarta – Seperti halnya di Indonesia, sejumlah negara lain pun telah memasuki tahap kedua vaksinasi COVID-19. Diharapkan dengan penyuntikkan vaksin kedua ini, beberapa kelompok rentan memiliki kekebalan akan virus Corona.

Namun, karena sejumlah orang memiliki beberapa gejala ringan hingga sedang yang muncul seperti pegal-pegal atau nyeri otot atau faktor ketersediaan lainnya, vaksinasi kedua ini bisa menjadi tantangan pemerintah kembali.

Tapi yang jadi pertanyaan, apakah bila seseorang sudah mendapat vaksinasi pertama lalu telat mengambil vaksinasi kedua lalu jadi berdampak buruk?

Seperti dikutip Menshealth, hingga saat ini, peneliti masih belum mengetahui apa dampak persisnya, karena belum ada penelitiannya. Namun para ahli menyarankan untuk tidak menundanya terlalu lama. Karena besarnya manfaat kemanjuran vaksin COVID setelah mendapatkan yang kedua.

Misalnya setelah mendapat dosis kedua vaksin Pfizer dalam rentang 21 hari antara vaksin awal dan kedua, kemanjurannya melonjak dari sekitar 52-60% menjadi sekitar 95%. Lalu setelah mendapat dosis kedua vaksin moderna dalam rentang 28 hari antara vaksin awal dan kedua, kemanjurannya meningkat dari sekitar 85%-90% menjadi 95%. Atau setelah mendapat dosis kedua vaksin sinovac, Coronavac, dalam rentang 14 hari antara vaksin awal dan kedua, kemanjuran totalnya menjadi 50,4%.

“Anda dapat melewati 3-7hari ketika seharusnya Anda mendapatkan suntikan COVID-19 kedua,” kata Pakar kesehatan dari Ohio State University Wexler Medical Center.

 

Exit mobile version